Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Domain .COM Gratis Untuk Blog atau Toko Online Anda

Bagaimana cara mendapatkan domain gratis .COM untuk blog saya? Pertanyaan ini sering saya dapatkan di forum-forum blogger Indonesia di facebook. Rata-rata yang bertanya statusnya masih pelajar yang mencoba peruntungan menghasilkan uang dengan menerbitkan konten di sebuah blog. Jadi wajarlah ya kalau mereka mencari domain gratis.

Pemilik bisnis tidak banyak yang mencari informasi untuk mendapatkan domain .com gratis, mereka paling mungkin untuk membeli sebuah alamat berupa domain untuk email atau membuat website sendiri. Tapi tidak sedikit juga pemilik bisnis kecil mencari cara mendapatkan domain .com gratis karena masih menganggap membeli domain dari sebuah perusahaan pendaftaran (registrar) biayanya masih terlalu mahal.

Jadi jika anda seorang blogger yang belum punya modal membeli sebuah domain atau pemilik bisnis yang baru mulai beradaptasi dengan industri 4.0 semoga pengalaman saya mendapatkan domain .com gratis dari salah satu perusahaan web host di Indonesia bisa membantu.

alternatif domain .com, pakai .id
Alternatif domain .com, pakai domain .ID

Kenapa Harus Menggunakan .COM?

Memiliki pertimbangan untuk menggunakan domain .com merupakan keputusan terbaik yang teman-teman lakukan.

Kenapa?

Karena umumnya website di dunia menggunakan gTld tersebut sebagai alamat website mereka.

Menurut situs verisign pendaftaran domain .com sudah mencapai 120 juta sejak pertama kali diperkenalkan ke publik di tahun 1985.

Verisign ini merupakan perusahaan yang mendapatkan kepercayaan dari IANA, asosiasi internasional yang mengatur kepemilikan alamat website di seluruh dunia, yang mengelola alamat web dengan akhiran .com tersebut.

Saking populernya penggunaan domain .com ini kemungkinannya kecil untuk teman-teman mendapatkan alamat yang diinginkan.

Kalau teman-teman pernah membaca tips memilih nama domain pastilah akan bertemu dengan saran seperti menggunakan karakter yang terdiri dari 2-4 suku kata karena manusia lebih mudah mengingat 2-4 suku kata tersebut.

Menurut penelitian Professor Richard Harris dari Universitas Kansas State yang dikutip science daily di tahun 2012, manusia cenderung untuk melupakan nama orang yang baru dikenal karena tingkat ketertarikan terhadap orang baru tersebut masih rendah.

Namun mereka bisa mengingat nama panggilan atau nama pendek dari individu yang dikenal apalagi jika terdiri dari 2 sampai 4 suku kata yang bisa dieja.

Begitu pula dengan website baru.

Jika website baru dibikin maka yang perlu ditangkap oleh pengunjung adalah alamat dari website tersebut. Sebisanya kita memiliki nama domain yang mudah diingat dan diucapkan oleh pengunjung.

Coba perhatikan website yang sudah besar saat ini, rata-rata mereka menggunakan 2 – 4 suku kata. Contoh: de-tik, kom-pas, su-geng, kan-dra (oke yang terakhir ini sedikit narsis dan ngiklan hehehe… faktanya orang kesulitan dalam pelafalan D-R-A).

INTInya. Usahakan untuk menggunakan 2-4 kata.

Disini tantangannya.

Karena sejak domain .com dirilis tahun 1985 ke publik sudah terdaftar 25 juta domain maka ada kemungkinan nama domain yang dipersiapkan untuk website bisnis kita sudah dimilik oleh orang lain.

Sebuah pengalaman pribadi saya dalam mencari domain .COM menggunakan nama pribadi.

Keren juga kalau menggunakan alamat kandra.com untuk blog pribadi. Sayangnya alamat tersebut sudah dimiliki oleh pekerja seni, lagi-lagi orang Amerika, yang kebetulan memiliki nama yang sama dengan saya.

(Padahal saya berpikir nama saya adalah nama yang sangat unik dan mungkin satu-satunya didunia)

Yang lebih mengecewakan lagi ternyata si artis berhak menggunakan nama domain kandra.com tersebut selama 10 tahun dan akan expired di 2024.

Tidak patah semangat saya pun coba mengganti ekstensi dari .COM ke .NET…

…eh ternyata si artis pun sudah mengklaim alamat tersebut.

Akhirnya saya pun menyerah menggunakan nama sendiri sebagai domain hingga…

PANDI (PENGELOLA NAMA DOMAIN INTERNET INDONESIA) berdiri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki program 1 juta domain ID gratis.

Barulah saya mendapatkan alamat web kandra.ID.

Maka dari itu ketika mempunyai ide bisnis atau alamat website keren,

JANGAN TUNDA SEGERA MENDAFTARKANNYA!

Dulu jika alamat website dengan akhiran .COM sudah dimiliki oleh orang lain, kita bisa memilih gTld populer lainnya seperti .NET, .BIZ, bahkan .ORG.

Sekarang kita bisa menggunakan banyak alternatif lainnya seperti .ME, .CO, .ID, .XYZ dan masih banyak lagi.

Tinggal disesuaikan saja dengan nama yang terdengar akan lebih mudah diucapkan dan diingat oleh orang lain.

Seperti yang teman-teman lihat sendiri, alamat blog saya sekarang adalah .ID.

Keputusan ini saya ambil karena untuk alamat dengan ekstensi .COM sudah diklaim sebuah perusahaan broker domain dari Amerika Serikat bernama huge domain dan untuk pengambil alihan kepemilikan nama domain yang sama (buat blogger) saya harus merogoh kocek 2,195 US dolar.

Hell.. NO.

Kalau punya duit 2000 US Dolar mending saya gunakan untuk beli managed cloud vps hosting yang juga diberikan free domain oleh web host.

Tapi kan itu KALAU punya duit segitu. Hehehehe…

Cara Mendapatkan Domain .COM Gratis 1 Tahun

Oke tanpa perpanjang kata lagi ini cara mendapatkan domain .com gratis yang bisa teman-teman lakukan.

  1. Kumpulkan semua perusahaan hosting di Indonesia yang legal. Ingat loh yang legal supaya nanti domain kita tidak diambil oleh pemilik hosting secara sepihak.
  2. Mendaftar sebagai member di masing-masing website perusahaan tersebut. Setahu saya untuk mendaftar saja gratis tidak harus membeli domain atau paket hosting apapun.
  3. Cari seluruh akun media sosial yang dimiliki perusahaan web hosting tersebut dan koneksikan dengan akun media sosial anda.
  4. Tunggu kuis / kontes yang diinformasikan melalui akun media sosial atau web perusahaan dan ikuti kuis / kontes tersebut dengan memperhatikan syarat-syaratnya.

Saya pribadi sudah mendaftarkan diri dibeberapa web host seperti

  1. Exabytes
  2. Dewaweb
  3. Qwords
  4. Rumah Web

Keempat perusahaan web host diatas sejauh ini sering mengadakan kuis / kontes / give away berupa domain .com gratis dan sesekali malah diiringi dengan hostingnya.

Begini Cara Mendapatkan Domain Gratis .COM di 2019 Rumah Web

Di tahun 2019 saya sering mengikuti kuis dan kontes yang diadakan oleh Rumah Web.

Hasilnya saya mendapatkan dua domain .COM gratis dan 1 hosting gratis.

Kuis pertama yang saya ikuti di Rumah Web Indonesia berasal dari facebook. Waktu itu kebetulan di timeline facebook sedang lewat status fan page RWI dengan mengambil tema donor darah.

Pada status tersebut anggota fan page RWI diminta untuk menuliskan pengalaman donor darah pertama kali.

Saya pun menuliskan pengalaman pribadi donor darah ketika kuliah di Padang dulu.

Cara penulisan pun saya gunakan teknik copy writing yang saya baca di buku Dewa Eka Prayoga.

Hasilnya saya admin facebook page RWI mendaulat saya sebagai pemenang dengan memberikan pesan inbox ke akun facebook saya.

Syarat mendapatkan domain gratis .com 1 tahun yang diberikan oleh Rumah Web Indonesia adalah mendaftarkan diri di situs mereka lalu mengkonfirmasikan pendaftaran tersebut kepada staf yang ditunjuk.

Saya pun mendaftarkan domain dengan nama annisablog.com.

Sedikit berbagi informasi perihal pendaftaran domain di Rumah Web maupun di web mana pun.

Pastikan kalau alamat email yang digunakan untuk mendaftar di perusahaan web hosting merupakan alamat email primer kita.

Alasannya begini…

Ketika kita mendaftarkan nama domain ke perusahaan web hosting, kita HARUS mengkonfirmasi permintaan pendaftaran alamat web tersebut melalui email.

Kalau alamat email yang diberikan ke perusahaan hosting bukan alamat primer takutnya domain .com yang didaftarkan tidak akan bisa digunakan karena IANA tidak bisa mengkonfirmasi data kepemilikan yang diberikan oleh perusahaan web host.

Hal ini pernah kejadian pada salah seorang teman saya anggota komunitas blogger dan publisher adsense.

Malah kejadian yang menimpa teman saya lebih nyesek.

Ia membeli domain baru untuk blog baru yang akan ia kembangkan, tetapi alamat email untuk konfirmasi kepemilikan ternyata salah (beliau melakukan typo saat input alamat email).

Akhirnya ia hanya bisa pasrah kalau domain tersebut tidak bisa digunakan sama sekali dan uang pembelian domain tidak bisa direfund.

Kebayangkan betapa ruginya kalau teman-teman enggak menggunakan email yang biasa digunakan untuk korespondensi?

Alih-alih mendapatkan domain .com gratis selama 1 tahun dan menguji validitas ide bisnis, yang ada malah usaha teman-teman mandeg lagi karena harus kembali mencari kuis maupun kontes domain gratis.

Sekarang pertanyaan besarnya yang banyak ditanyakan teman-teman bagaimana caranya memiliki domain gratis .com 1 tahun yang diberikan menjadi milik kita selamanya?

Sepengetahuan saya tidak ada cara untuk memiliki domain gratis .com yang sudah kita dapatkan menjadi milik kita selamanya.

Jadi ketika hitungan satu tahun sudah lewat kita tinggal menghitung apakah kita harus memperpanjang penggunaan domain atau tidak usah diperpanjang sama sekali.

Kalau ternyata domain gratis yang kita dapatkan memberikan nilai investasi yang lebih baik, tentu kita tidak akan pikir panjang dalam memutuskan untuk mentransfer biaya perpanjangan kepemilikan domain.

Sebaliknya kalau ternyata setelah setahun tidak ada value yang kita dapatkan, pasti akan melepas kepemilikan domain gratis tersebut.

Saya pernah mendapatkan tawaran untuk membeli domain yang didapat secara gratis dengan harga normal.

Tawaran itu saya tolak pastinya karena saya berpikir, kalau pemilik domain tidak mau tentu tidak ada value untuk pemilik dari domain tersebut.

Saya rugi karena harus mengorbankan pikiran dan uang untuk memaksa domain tersebut menjadi sebuah investasi jangka panjang.

Si penjual domain UNTUNG karena domain yang didapat secara gratis berakhir menjadi pemasukan tunai untuk dirinya.

KESIMPULAN

Jadi untuk memulai usaha kita tidak selamanya harus mengeluarkan sejumlah uang.

Dengan pengalaman yang pernah kita alami dan tentunya kita bagikan kita bisa mendapatkan modal usaha seperti URL gratis .COM dari perusahaan web hosting yang sedang promosi.

Kita harus memanfaatkan situasi ini dengan baik.

Kita bagikan pengalaman dan kita bantu promosikan perusahaan kepada jaringan pertemanan kita di media sosial.

Imbal baliknya kita akan mendapatkan domain gratis.

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Domain .COM Gratis Untuk Blog atau Toko Online Anda"