Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kebutuhan Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh setiap ibu hamil adalah nutrisi. Sebab, ibu hamil sedang menyimpan calon anak didalam rahimnya dan dibawa kemanapun ia berada. Selain itu, ibu hamil juga berbagi nutrisi dengan anak yang ada didalam rahimnya dari konsumsi makanannya sehari-hari. Sehingga, wajar jika setiap ibu hamil membutuhkan berbagai vitamin seperti kalsium karena Pentingnya asupan kalsium selama kehamilan sangat membantu kesehatan janin Anda. Tapi, apa sajakah nutrisi yang penting bagi ibu hamil? Inilah dia beberapa diantaranya.

Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu yang tengah hamil. Sebab, asam folat atau vitamin B9 berperan dalam mencegah terjadinya cacat otak dan tulang belakang pada janin yang ada didalam kandungannya. Tak hanya itu, asam folat juga berguna untuk mencegah cacat jantung, cacat mulut, dan mencegah bayi lahir secara prematur. Setiap harinya, seorang ibu hamil setidaknya membutuhkan kandungan asam folat sebanyak 400-800 mg. Tapi, ada batasan asam folat yang boleh dikonsumsi setiap harinya yakni sebanyak 1000 mcg setiap harinya. Untuk mendapatkan asam folat, Anda bisa mengonsumsi brokoli, kacang polong, kacang merah, alpukat, jeruk dan kacang almond.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks merupakan salah satu vitamin yang sangat penting bagi para ibu hamil. Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12. Masing-masing vitamin tersebut punya manfaat tersendiri yang sangat dibutuhkan bayi di dalam kandungan. Berikut ini rincian fungsi dari tiap-tiap vitamin B tersebut :

  • Vitamin B1 : meningkatkan energi dan mengatur sistem saraf
  • Vitamin B2 : mempertahankan energi, penglihatan yang baik, dan kesehatan kulit
  • Vitamin B3 : mendukung kesehatan kulit, saraf, dan pencernaan
  • Vitamin B6 : membantu pembentukan sel darah merah dan mengatasi morning sickness
  • Vitamin B12 : berperan dalam sintesis DNA dan membantu mencegah bayi cacat lahir

Itulah dua nutrisi yang dibutuhkan oleh seorang ibu hamil selama masa kehamilannya. Anda bisa mendapatkannya dari multivitamin yang praktis dari apotik terdekat. Mau lebih mudah untuk mendapatkan multivitamin ibu hamil? Kunjungi Go Apotik untuk mendapatkannya dengan praktis. Ketahui juga cara untuk mengatasi luka lama sembuh () setelah Anda melahirkan melalui proses operasi Caesar.

Post a Comment for "Kebutuhan Nutrisi Bagi Ibu Hamil"