Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Alasan Kenapa Domain Penting Untuk Sebuah Bisnis di Industri 4.0

domain kandra.id penting untuk bisnis
Mengapa domain penting untuk bisnis?

Dalam beberapa forum diskusi khusus blogger, wacana tentang pentingnya memiliki sebuah domain sebelum membuat website merupakan perdebatan yang tidak akan berhenti. Ada yang mengatakan jika tidak diklaim sekarang (baca: sebelum ada memulai ngeblog) bisa jadi nanti anda akan dipaksa untuk membeli nama domain dengan lebih mahal. Dilain pihak ada yang mengatakan untuk memulai kegiatan blogging yang belum ketahuan untung atau rugi, kita tidak harus membeli sebuah domain (mendaftarkan nama domain). Saya pribadi memiliki pendapat: Kenali kebutuhan Anda. Kalau Anda merasa butuh, segera beli domain. Sebaliknya kalau tidak butuh jangan paksakan untuk membeli sebuah domain.

Jika Anda butuh sebuah ide untuk alamat website ada tool bagus yang bisa digunakan tanpa mengeluarkan biaya ekstra. Namun sebelumnya, bagaimana cara mengetahui kalau produk kita cocok untuk dibuatkan canel penjualan melalui media periklanan digital?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Pertama tanpa alat tambahan alias murni dari situs pencarian itu sendiri. Disini saya akan mencoba untuk mencontohkan menggunaan situs google.co.id. Saya menggunakan situs dengan ekstensi akhir .co.id ini agar hasil pencarian lebih lokal dibandingkan dengan menggunakan alamat google.com. Maksudnya kita akan lebih mendapatkan wawasan bagaimana pangsa pasar ril untuk produk yang ditawarkan di kawasan negara Republik Indonesia.

Misalnya anda memiliki bisnis sewa freezer yang khusus untuk digunakan sebagai penyimpan asi perah. Target pasar anda tentu saja wanita yang baru saja melahirkan. Coba anda ketikkan di situs google.co.id sewa freezer [nama kota domisili]. Berapa hasil yang anda dapatkan melalui pencarian tersebut?

Google akan menginformasikan berapa jumlah informasi yang terkait dengan kata “sewa freezer jakarta” yang mereka temui di internet. Jika jumlah informasi yang ada di dalam database google memiliki range lebih dari seribu dan dibawah 5 ribu, itu artinya bisnis sewa freezer Anda harus memiliki alamat sendiri di internet.

Mungkin bahkan Anda akan menemukan kompetitor bisnis anda di halaman hasil pencarian google Indonesia. Jika itu terjadi langkah selanjutnya yang mungkin harus anda lakukan adalah cek apakah kompetitor anda sudah memiliki nama domain dengan kata “sewa freezer” didalamnya. Kalau belum segera daftarkan nama domain tersebut ke rumahweb.

Kalau ternyata sudah ada yang mendaftarkan alamat sewafreezer.com, coba cari lagi dengan menambahkan nama perusahaan atau brand produk anda. Seperti Jcsewafreezer.com. Ini layanan sewa freezer yang sudah dua kali saya gunakan untuk membantu saya dan istri memastikan putra dan putri kami mendapatkan asi selama dua tahun seperti yang disarankan oleh Nabi dan juga Dokter.

Kalau anda masih ragu dengan jumlah yang disebutkan oleh google indonesia, coba pastikan dengan mencari berapa rata-rata volume pencarian untuk sewa freezer di tool riset gratis neilpatel.com/ubersuggest. Informasi yang diberikan oleh tool tersebut mendekati hasil yang mungkin akan anda dapatkan jika Anda beriklan di Google Adwords. Aplikasi Ubersuggest 4.0 yang sudah dibeli oleh pakar digital marketing asal Amerika Serikat tersebut saat ini menjadi tool alternatif terbaik untuk digunakan karena tool Keyword Planner (alat pengecekan kata kunci yang sebelumnya banyak direkomendasikan praktisi seo) tidak lagi bisa digunakan tanpa membuat sebuah kampanye iklan. Maksud saya Anda harus betul-betul membuat iklan yang akan ditayangkan di google search atau di jaringan publisher adsense, jika hanya deposit saja dan tidak ada aktifitas mempromosikan situs / produk / layanan dalam beberapa waktu dana Anda akan dikembalikan.

Berdasarkan survei yang dilakukan asosiasi penyelenggara jasa internet indonesia, pengguna internet di Indonesia tahun 2018 sebesar 171,17 juta jiwa dari total penduduk 200 juta lebih. Artinya apa? Pangsa pasar di Indonesia itu sangat besar. Dan jika dulu untuk mendapatkan pangsa pasar tersebut sebuah perusahaan harus mengeluarkan modal hingga miliaran rupiah dengan beriklan di televisi, koran, radio, dan membuat sebuah even.

Sekarang dengan modal seratus ribu lebih dikit produk kita bisa berpromosi dalam memperkenalkan produk, mengedukasi pasar dan pastinya mempromosikan bisnis yang kita miliki ke pasar yang kita targetkan dengan menggunakan media sosial dan gadget yang dimiliki oleh calon pembeli. Bahkan ada beberapa pebisnis yang berpikir tidak memerlukan domain dan lebih fokus untuk membangun akun sosial media yang dimilikinya.

Pemikiran ini tidak sepenuhnya salah. Kenapa? Dengan memiliki sebuah alamat di internet berarti harus membangun sebuah website. Untuk membangun sebuah website butuh latar belakang pengetahuan mumpuni terhadap teknologi tersebut. Berarti seorang pebisnis harus mengalokasikan waktunya untuk belajar ilmu baru dan sekaligus mempraktekannya.

Bagi Anda yang belum memiliki website dan baru memaksimalkan promosi dan penjualan melalui akun bisnis di media sosial, pesan mentor bisnis UKM Jaya Setiabudi dalam video berikut semoga bisa membuka wawasan;

Sebagaimana yang disebutkan oleh Mas J dalam video diatas, trafik atau calon kustomer potensial Anda berada di layar 5.5 Inch alias perangkat mobile yang mereka miliki. Baru-baru ini survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Penyedia Internet Indonesia menyebutkan penduduk Indonesia yang sudah mengakses internet sebesar 60% dari total penduduk. Kepercayaan masyarakat untuk bertransaksi online pun meningkat dari tahun 2018. Ada banyak canel yang bisa dimanfaatkan mulai dari media sosial hingga marketplace. Namun menurut saya paling penting adalah bagaimana kita mengontrol masa depan kita dengan mengontrol database pelanggan.

Mau tidak mau Anda harus membuat toko online. Tak bisa membuat toko online, gunakan platform toko online seperti yukbisnis.com atau jejualan.com. Sudah banyak platform toko online dengan fitur yang lengkap sebagaimana yang dimiliki oleh marketplace besar seperti tokopedia maupun bukalapak.

Jadi bagaimana menurut Anda, penting ga domain untuk bisnis Anda?

5 comments for "Inilah Alasan Kenapa Domain Penting Untuk Sebuah Bisnis di Industri 4.0"

  1. Salam kenal, moga makin sukses ni blog

    ReplyDelete
  2. Toko online sekarang memang diperlukan. Demi menunjang keberadaan toko offline. Konsumena akan lebih percaya.
    Dan saya setuju dengan uraian diatas, tidak semua toko harus punya domain. Pastinya pemilik toko tahu lah, apakah layak punya domain atau tidaknya.

    ReplyDelete
  3. Salam kenal..makin oke ngeblognya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal om. Terima kasih pujiannya. Saya harusnya banyak belajar dari blog om. Artikel review-nya luar biasa.

      Delete